Powered by Blogger.

Other Recent Articles

Subscribe

Enter your email address below to receive updates each time we publish new content..

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Feature Posts

Archive

Random Post

Rating for homework-student.blogspot.com Check google pagerank for homework-student.blogspot.com

Monday, June 20, 2011

Tipe Kecerdasan dan Cara Meningkatkannya


Pembagian tipe-tipe kecerdasan berhubungan erat dengan fungsi otak kanan dan otak kiri. Maka untuk mengetahui tipe-tipe kecerdasan maka kita perlu lebih mengenali belahan otak kanan dan otak kiri.
Apabila kita sedang membuat rencana kerja, kita harus menetukan jenis pekerjaan, kapan dan oleh siapa pekerjaan akan dilakukan, kapan pekerjaan akan dimulai dan diselesaikan dan seterusnya. Maka demikian ini otak kiri yang bekerja.

Otak kiri berfungsi ketika kita membaca rencana berupa kata-kata dan angka-angka.
Jika kita memecahkan masalah dengan cara membuat kombinasi fakta, imajinasi, dan ide-ide berarti otak kanan yang tengah bekerja. Begitu pun bila secara tiba-tiba muncul ide-ide maka ini adalah hasil kerja otak kanan.

FUNGSI OTAK KANAN DAN OTAK KIRI
Otak Kiri
Otak Kanan
Konvergen
Divergen
Digital
Analogi
Abstrak
Kongkrit
Terarah
Bebas
Proporsional
Imajinatif
Analitis
Keterkaitan
Linier
Tidak Liner
Rasional
Intuitif
Berurutan
Majemuk
Parsial
Holistis
Objektif
Subjektif
Satu-satu
Simultan
Kaku
Fleksibel
Matematis
Kreatif
Verbal
Visual
Pengguna pola
Pencari pola

Hasil riset Dough Hall menunjukkan bahwa otak kiri dan otak kanan berpengaruh terhadap kepribadian.
Otak Kiri dan Otak Kanan serta
Kepribadian

Otak Kiri
Otak Kanan
Serius
Humoris
Sederhana
Rumit
Membosankan
Menyenangkan
Hemat
Boros
Memercayai fakta
Memercayai intuisi
Rapi dan terorganisasi
Berantakan dan kacau
Tujuan ide adalah keuntungan
Tujuan ide dalah ekspresi diri
Lebih memilih keilmuan
Lebih memilih perasaan
Hati-hati
Suka bertualang
Berpengetahuan umum
Bermimpi besar
Pendukung diam
Tukang sorak
Pembuat aturan
Pelanggar aturan
Konservatif
Bebas/liberal
Mudah ditebak
Spontan

Dari kedua tabel tersebut, dapat dipahami bahwa jika seseorang dapat menggunakan otak secara seimbang maka ia akan lebih produktif.

Kutipan Mike Estep Ph.D berjudul Left, Right, and Wrong :

Para siswa SD, SMP, sampai SMA menggunakan 6 jam per hari waktunya untuk belajar di sekolah. Merka terfokus belajar dengan memanfaatkan otak kiri, misalnya matematika, kimia, fisika, dan lain-lain. Merka sangat jarang belajar menggunakan imajinasi dan intuisi.
Mereka belajar di SD selama 6 tahun, SMP selama 3 tahun, dan SMA selama 3 tahun. Artinya, selama 12 tahun rata-rata mereka menggunakan waktu 6 jam untuk per hari. Jika satu minggu mereka belajar selama 5 hari di sekolah, 4 minggu per bulan, serta belajar efektif selama 9 bulan per tahun, maka dari SD sampai SMA mereka belajar menggunakan otak kiri selama: 6 jam/hari x 5 hari/minggu x 4 minggu/bulan x 9 bulan/tahun x 12 tahun = 12.960 jam. Ini belum termasuk jika mengerjakan tugas rumah dan mengikuti les atau bimbingan belajar di luar jam sekolah. Pertanyaannya berapa lama pola pembelajaran yang memanfaatkan otak kanan? 
Berdasarkan pengalaman pribadi, saya lebih banyak menggunakan kemampuan  otak kiri di banding otak kanan. “Curcol” hehe.. tapi akhir-akhir ini saya udah mulai berusaha untuk menyeimbangkan kemampuan otak kiri dan kanan. Caranya ?? mau tahu juga ??? Tenang.. Ini dah aku bahas pada postingan sebelumnya, so silahkan dipelajari juga yah.

Menurut Howard Gardner-profesor pendidikan dari Universitas Harvard dan rekan-rekannya tipe kecerdasan dasar itu ada delapan. Penjelasan mengenai delapna kecerdasan dasar berikut disarikan oleh Thomas Amstrong dalam Setiap Anak Cerdas serta Gordon Dryen dan Jeanette Vos dalam Revolusi Cara Belajar. 

Kecerdasan Linguistik
Bagi yang berpotensi atau berbakat dalam hal linguistic memiliki kemampuan mendengar, membaca, dan menulis sangat baik. Jika tidak suak membaca dan menulis mungkin saja Anda suka bercerita dan menyukai permainan kata-kata. Berbagai jenis karya dapat Anda hasilkan bila Anda mengaktualisasikan bakat linguistik Anda. Karya-karya tersebut berupa novel, cerpen, puisi, surat kabar, dan sebagainya. Bisa juga Anda memanfaatkan potensi Anda dengan melibatkan diri sebagai politisi, orator, jurnalis, menulis pidato, dan lain sebagainya.

Kecerdasan Logis-Matematis
Anda yang berpotensi dalam bidang ini, memiliki rasa ingin tahu yang besar, banyak bertanya, suka mengotak-atik komputer, suka memecahkan masalah yang sulit, dan suka permainan yang menuntut Anda berpikir. Karya-karya yang dapat Anda hasilakan adalah berbagai program komputer, rancangan mesin, berbagai karya di bidang kimia, fisika, dan sebagainya.

Kecerdasan Visual-Spasial
Anda yang termasuk dalam tipe ini cenderung lebih menyukai cara berpikir menggunakan gambar atau sketsa daripada kata-kata. Kita memerlukan kecerdasan ini, misalnya untuk menghias rumah, merancang taman, atau melihat karya seni. Karya-karya yang bisa dihasilkan dengan potensi ini isalnya dokumentasi berbagai peristiwa dan sebagainya. Dengan potensi ini Anda dapat menjadi tekhnisi, perancang kota, fotografer, dan lain sebagainya.

Kecerdasan Musical
Bagi yang berpotensi pada bidang ini, akan lebih peka pada irama, suka bersiul, bersenandung, mendengarkan musik, dan mempunyai ingatan yang kuat untuk melodi. Anda dapat menjadi penyanyi, pemain musik, dan lain-lain.

Kecerdasan Kinetik-Jasmani
Para orang-orang yang pandai mengolah tubuh menciptakan berbagai gerakan dan memiliki keterampilan dalam melakukan suatu gerakan tubuh. Orang-orang ini dapat menjadi atlet, seniman, karateka, pembalap, olahragawan, dan actor.

Kecerdasan Antarpribadi (interpersonal)
Orang-orang ini dapat memahami orang lain, menyukai aktivitas di berbagai organisasi dan memahami berbagai sifat dan karakter orang lain. Pekerjaan yang cocok adalah pekerjaan yang banyak berhubungan orang lain seperti pengusaha, penasehat, guru, politisi, dan lain-lain.

Kecerdasan Intrapribadi (intrapersonal)
Orang-orang yang berada pada tipe ini sangat memahami diri sendiri dan mengetahui yang ingin dicapainya. Sifatnya tekun, suka menentukan target diri sendiri, suka menyendiri, merenung, menulis buku harian, dan melakukan hobi. Bidang yang ccok adalah penulis, wiraswasta, guru, filsuf, atau terlibat dalam karya-karya religious.

Kecerdasan Natural
Anda adalah seorang pecinta alam yang berkompeten di kecerdasan ini. Anda menyukai alam terbuka, erkebun, hiking, dan kegiatan lain yang berhubungan degan alam. Anda dapat berkarya layaknya seorang dokter hewan, petani, pakar ekologi dan lain-lain.

Kecerdasan Eksistensial
Orang-orang ini memiliki karakter yang sensitive dan memiliki kemampuan  untuk menjawab atau mengatasi pertanyaan-pertanyaan yang mendasar tentang keberadaan manusia, seperti arti kehidupan. Keahlian yang dapat  dikembangkan dengan kecerdasan ini adalah melakukan refleksi dan pemikiran mendalam serta menyusun teori-teori abstrak. Karier bisa sebagai ilmuwan, filsuf, dan teolog.


Cara Meningkatkan Kecerdasan Berdasarkan Tipe-Tipe Kecerdasan  

Jika kita memiliki kecenderungan kuat dalam berbahasa (linguistik), kita akan menikmati sebuah perbincangan, mendengarkan, dan otak kita akan terfokus pada kata, serta suka bercerita. Kecerdasan ini dapat terus kita tingkatkan, dengan cara-cara berikut:
  • Memiliki berbagai jenis kamus
  • Bacalah puisi dengan keras
  • Tulislah cerita
  • Buatlah buku harian
  • Gunakan alat perekam untuk merekam diri sendiri bercerita, lalu tulislah.
  • Bacalah sebuah bab, lalu jelaskan kepada rekan-rekan kita
  • Bacalah cerita sesuai dengan emosi yang ada dalam isinya: marah, senang, dan sebagainya
  • Aktiflah dalam acara-acara pembacaan cerita atau workshop jurnalisme
Jika kita cerdas dalam hal logika atau matematika maka kita akan menyukai hal-hal yangbersifat pencarian. Selain itu, kita juga menyukai konsep matematika, bermain game dan puzzle, dan memiliki pola piker yang kritis. Cara untuk mengembangkannya adalah sebagai berikut:
  • Susunlah karton-karton atau gambar lain dalam urutan yang logis
  • Urutkan dan buatlah kategori dan daftar kata-kata
  • Ketika membaca sebuah cerita berhentilah sebelum menyelesaikannya dan coba perkirakan yang aka terjadi selanjutnya
  • Bermainlah game yang menuntut pemikiran kritis
  • Bermainlah kalimat-kalimat dengan scrabble
  • Setelah menyelesaikan membaca cerita, buatlah peta pikiran ide-ide utama dan rentetan cerita secara terperinci
  • Tulislah cara penyelesaian aktivitas
  • Buatlah kerangka piker mengenai pekerjaan yang akan dilakukan dan bacaan yang telah dibaca.
  • Tulislah sebuah judul mengenai suatu aktivitas yang telah diselesaikan
  • Perhatikanlah sebuah klan promosi produk dengan kritis. Apa yang menaik dari produk tersebut sehingga kita membelinya.
  • Seringlah bermain puzzle
Kita yang memiliki tipe kecerdasan dalam gerakan tubuh, seperti menari, berolahraga,dan kegiatan-kegiatan lainnya, Anda memiliki keahlian motorik yang bagus. Cara untuk meningkatkan kecerdasan ini adalah:
  • Gunakan huruf-huruf balok untuk menungkapkan kata-kata
  • Sambil berjalan-jalan, kumpulkanlah ide-ide untuk membuat cerita
  • Gunakan kedua tangan untuk menulis sesuatu di udara
  • Ubahlah isi meja tulis kita yang biasa untuk menulis dan gunakan alat-alat tulis lain yang tidak biasa kita gunakan
  • Tulislah sesuatu pada cermin dengan sabun
  • Ketika kita berjalan, bacalah kata-kata yang kita temukan seraya terus berjalan
  • Kita yang memiliki kecerdasa musikal atau lagu, maka tahap yang diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan adalaha sebagai berikut:
  • Buatlah dan bacalah puisi dengan ritme
  • Bacalah dengan intonasi
  • Bacalah dengan emosi tinggi secara berganti-ganti sedih kemudian gembira lalu marah
  • Bekerjalah dengan kata-kata sesuai makna kata
  • Bacalah lirik dengan diiringi musik
Kita yang cerdas dalam sosial atau interpersonal, dapat mengembangkan ide-ide dan belajar dari teman-teman kita. Latihan yang cocok adalah:
  • Ikutilah setiap acara diskusi tentang tema-tema tertentu
  • Seringlah silahturahmi
  • Kerjakanlah secara tim setiap ada proyek
  • Berlatihlah melakukan wawancara
  • Buatlah catatan ketika brdiskusi
Kita yang memliki kecerdasan intra personal menyukai merenungi kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Hal-hal yang dapat mengembangkan kecerdasan ini adalah:
  • Berimajinasilah bahwa kita sedang melakukan tamasya
  • Lakukanlah refleksi atau perenungan terhadap ide-ide dan informasi baru
  • Ikutilah kursus jurnalisme
  • Bekerjalah dengan computer
  • Mandilah dengan santai atau rileks
  • Gunakanlah curah gagasan sebelum mempelajari sesuatu
  • Hayatilah ketika tengah membaca
  • Bacalah buku-buku yang dapat memotifasi kita
  • Bacalah resep-resep masakan
Kita yang memiliki tipe kecerdasan ini, menyukai interaksi dengan lingkungan luar. Dapat memahami “bahasa alam”. Kita dapat mudah memahami berbagai perbedaan hewan dan tumbuhan. Untuk melatih kecerdasan ini, maka gunakanlah metode berikut:
  • Habiskanlah waktu kita untuk memahami “bahasa alam”
  • Bacalah buku dan artikel tentang alam dan lingkungan
  • Berjalan-jalanlah dan tulish hal-hal yang kita lihat, kita rasakan, dan kita temukan
  • Pelajarilah anatar hubungan biji yang mulai tumbuh dan tanaman yang sudah besar. Kemudian pelajari perubahan-perubahan yang ada.


Reaksi:

1 comment: