Powered by Blogger.

Other Recent Articles

Subscribe

Enter your email address below to receive updates each time we publish new content..

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Feature Posts

Archive

Random Post

Rating for homework-student.blogspot.com Check google pagerank for homework-student.blogspot.com

Wednesday, May 4, 2011

Bibit Pisang Kultur Jaringan


Bibit pisang kultur jaringan adalah bibit yang dihasilkan melalui biakan jaringan(sel meristem) pada media buatan dalam laboratorium (in vitro).

Tunas pisang yang masih kecil diambil dari tanaman induk terpilih (unggul). Dari tunas ini diambil titik tumbuhnya (meristem) setebal 1,5 cm3. Meristem ditanam pada medium kultur yang diperkaya dengan vitamin (hormon tumbuh) yang PH-nya diatur 5,8 dalam ruangan steril. 

Dalam ruang steril, meristem membentuk kalus dan bertunas banyak. Tunas-tunas tersebut bergerombol. Tunas yang bergerombol dipisahkan satu-satu atau dua-dua sambil dibersihkan dari lapisan daun yang menutupi titik tumbuhnya. Tunas yang dipisahkan tersebut ditumbuhkan dalam botol medium secara terpisah agar tumbuh tunas yang baru. Selama empat minggu, setiap tunas dalam botol akan menumbuhkan 4-8 tunas. Tunas-tunas baru dipisahkan lagi agar tumbuh akar. Tunas tersebut ditumbuhkan dalam medium baru ditambah dengan arang kayu dan gula untuk mempercepat pertumbuhan. Setelah tunas berekar dan tumbuh setinggi 5-6 cm, botol medium dipindahkan ke ruang teduh dengan penyiraman selama 2 minggu. Kemudian tunas-tunas tersebut siap ditanam.

Reaksi:

1 comment: