Powered by Blogger.

Other Recent Articles

Subscribe

Enter your email address below to receive updates each time we publish new content..

Privacy guaranteed. We'll never share your info.

Feature Posts

Archive

Random Post

Rating for homework-student.blogspot.com Check google pagerank for homework-student.blogspot.com

Friday, February 4, 2011

Pentingnya Pendidikan dalam Islam


Bismillahirrahmanirrahim………
Assalamu'alaikum wr. wb.

Rabbisyarohli sodri, wayassirli amri, wahlul 'uqdatanmillisani, yafqohu qouli.
Segala puji & syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat & hidayah-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat.
Sholawat serta salam kita tujukan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW sebagai pembawa wahyu Ilahi agar kita senantiasa berada pada jalan yang benar.
Rekan-rekan sekalian yang dirahmati Allah swt, pendidikan merupakan hal penting bagi manusia, karena pendidikan berkaitan dengan nilai diri manusia, terutama dalam mencari nilai itu sendiri. Dengan pendidikan manusia akan mempunyai banyak keterampilan dan kepribadian. Keterampilan dan kepribadian merupakan sekian banyak dari proses yang dialami manusia untuk menjadi makhluk yang bekualitas baik fisik maupun mental.
Dalam artian disini yaitu pendidikan bukan hanya sekedar transfer ilmu, tetapi juga transfer nilai, dengan adanya transfer ilmu dan nilai-nilai yang baik, dimungkinkan manusia menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas otaknya, tetapi juga cerdas akhlaknya. Dalam surat Al-Mujadalah : 11 dikatakan bahwa;
Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.(QS. Al Mujadalah: 11).
Dari ayat tersebut dapat dipahami bahwa ilmu saja tidak ada artinya dan keimanan saja juga belum cukup, tetapi jika kedua variable antara ilmu pengetahuan/ kecerdasan intelektual dan keimanan/ spiritual sudah  menjadi kesatuan yang utuh ditambah lagi dengan kecerdasan emosional, maka manusia akan mencapai tujuan mulia dan derajat yang tinggi di hadapan Allah swt.
Rekan-rekan sekalian yang dirahmati Allah swt. pendidikan pada awalnya berasal dari Yang Maha Mendidik yaitu Rabb alam semesta ini. Selain Allah mendidik, Allah juga memelihara makhluknya diantaranya dengan menurunkan kitab-kitab suci sebagai bahan bacaan dan bahan referensi dalam menyikapi berbagai kejadian dan fenomena alam.
Allah mengutus para rasul-Nya juga untuk mendidik manusia menjadi makhluk yang baik, makhluk yang mau dan tahu akan Tuhannya, makhluk yang paham kepada siapa harus mengabdi dan menyembah.
Dengan adanya para Rasul dan adanya Kitab yang dibawanya, kemudian diajarkan, maka manusia yang mau menerima pengajaran tersebut dan mengaplisasikannya dalam kehidupan sehari-hari akan mendapatkan hikmah dan juga terhindar dari kesesatan. Hal ini dapat dicermati dari firman Allah surat Al-Jumuah : 2 bahwa ” Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan Sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata.
Dengan demikian, pendidikan dalam islam bertujuan untuk membentuk dan mewujudkan peserta didik yang berkualitas, beribadah dengan ikhlas karena Allah dan menjadikan Allah satu-satunya tempat menyembah dan bergantung. Pada intinya, pendidikan dalam Islam berusaha meluruskan tujuan manusia yang sesungguhnya, tujuan tersebut adalah mencapai keridhoan Allah swt.
Demikian yang dapat saya sampaikan, kebenaran hanya datang dari Allah, sedangkan kesalahan semata-mata atas kekurangan dari diri saya pribadi.

Wassalamu'alaikum wr.wb.     
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment